Cara Memilih Jam Tangan Militer

Jam tangan militer dibuat untuk para tentara sehingga tergolong sangat durable. Jam tangan ini juga bisa berfungsi maksimal bahkan di medan yang berat sekalipun.

Jam ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur fungsional. Nah, untuk kalian yang ingin membeli jam tangan ini, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat memilih.

Cara Memilih Jam Tangan Militer

Mengetahui tips untuk memilih jam tangan militer akan sangat membantu kalian saat ingin membeli agar tak salah memilih, yuk simak tips berikut.

1.Pilih Berdasarkan Tipe Mesin

Berdasarkan struktur mesinnya, terdapat 2 tipe jam tangan militer. Berhubung hal ini akan sangat mempengaruhi kemudahan penggunaannya, pilihlah tipe yang sekiranya paling mudah untuk kalian gunakan.

  • Tipe Mekanik,  Tidak Menggunakan Baterai dan Tampilannya Menawan

Mesin pada jam tangan militer tipe mekanik tidak bergerak menggunakan baterai namun dengan energy mekanik yang timbul dari pergerakan per dan roda gigi pada mesin tersebut.

Jika mesinnya mati, maka jam tangan mekanik jenis manual winding, mesinnya akan kembali bekerja ketika crown di sisi jamnya kalian putar.

Sementara itu, pada jam tangan mekanik jenis automatic winding, mesinnya akan kembali aktif ketika jam tersebut kalian goyang-goyangkan. Tipe ini tidak menggunakan baterai sehingga biaya perawatannya pun semakin minim.

Berhubung tidak menggunakan baterai, tipe ini sangat cocok untuk kalian yang menggunakan jam tangan setiap hari dan tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk membeli baterai secara rutin.

Tipe ini terkadang dianggap sebagai nenek moyang asli dari jam tangan dan sulit ditolak oleh para pencinta gimmick. Sayangnya, tipe ini masih jarang ditemukan di pasaran Indonesia.

  • Tipe Quartz, praktis dan mudah digunakan

Tipe ini menggunakan energy dari baterai, mesin pada tipe ini bergerak secara stabil sehingga akurasi waktu yang ditampilkan sangat tinggi.

Walaupun kalian perlu mengganti batrainya sesekali, namun penggunaan dayanya tidak besar sehingga saat sudah diganti, jam ini bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Jika pada jam tangan tipe mekanik, kalian akan membutuhkan waktu dan tenaga untuk menyesuaikan jamnya setiap kali digunakan. Lain halnya dengan tipe quartz yang lebih digunakan.

2.Pilih Berdasarkan Fitur Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Bukan hanya untuk menunjukkan waktu, jam tangan militer juga memiliki fitur lain seperti kalender, tachymeter untuk mengukur kecepatan, chronograph yang dapat kalian gunakan layaknya stopwatch, dan lain sebagainya.

Adanya berbagai fitur tersebut membuat jam tangan militer memiliki harga lebih mahal ketimbang jam tangan biasa.

Karena itu, kalian harus memilih produk dengan fitur sesuai kebutuhan kalian agar dana yang kalian keluarkan tidak membengkak.

Untuk kalian yang menyukai olahraga air misalnya diving, kalian bisa memilih produk yang waterproof. Jika sering joging, kalian bisa memilih produk yang memiliki tachymeter.

Kebanyakan jam tangan dengan fungsi tersebut sudah memiliki kualitas layar yang bagus. Namun, bila kalian sering bekerja hingga larut malam atau bekerja di area dengan pencahayaan kurang, kalian bisa memilih jam tangan yang telah dilengkapi dengan fitur night light system.

Fitur ini berfungsi agar jam tangan tetap dapat terlihat dalam gelap.

Terakhir, pilihlah berdasarkan merk yang kalian sukai agar kalian lebih senang menggunakannya. Nah, itulah beberapa tips untuk memilih jam tangan militer yang pas untuk kalian. Jadi, apakah kalian sudah menemukan jam nya?

Tinggalkan Balasan